• TARI BEDANA-  Kekayaan Budaya Masyarakat Lampung

    http://dhevi-budayaindonesia.blogspot.com
    Tari Bedana adalah salah satu jenis seni Tari masyarakat Suku Lampung, baik Lampung Pepadun maupun Lampung Sebatin. Namun masing-masing memiliki karakteristik, baik dari alat musik yang digunakan maupun gerakan tarinya.
    Menurut informasi, Tari Bedana masyarakat Lampung Pepadun memiliki warna musik dan gerak yang lebih kaya. Hal ini dapat dimaklumi karena watak khas masyarakat ini lebih terbuka dan berani dibandingkan masyarakat Lampung Sebatin. Masyarakat yang disebutkan terakhir ini dikenal lebih halus perangainya, dan cenderung membatasi diri. Namun pada umumnya mereka semua ramah dan baik hati.
    http://dhevi-budayaindonesia.blogspot.com

    Kembali pada soal Tarian, saat ini aku baru belajar Tari Bedana di sekolah. Semester berikutnya mungkin belajar Tari Melinting, nanti Tari Sebambangan, atau whatever lah! Kayaknya aku suka, meskipun aku bukan asli orang Lampung. Aku ingin belajar banyak tentang masyarakat Lampung, tapi sampai saat ini bahasa Lampung pun belum banyak kumengerti. Masalahnya Bahasa Lampung tidak membumi di Daerahnya sendiri, sebagian besar masyarakat di sini berbicara dalam Bahasa Indonesia dan bahasa daerah asal seperti jawa, sunda, palembang,batak,padang, dll.
    Oleh karena itu Dinas Pendidikan Propinsi menggalakkan pengenalan budaya Daerah Lampung di sekolah-sekolah sejak tingkat dasar sampai menengah. Itu sebabnya aku pun berupaya mengenalkan salah satu unsur budaya Lampung kepada pengunjung homepageku, meskipun dengan penjelasan yang sangat terbatas, karena pengetahuanku juga masih terbatas.